TIPS UNTUK MEMILIH JASA KONTRAKTOR BANGUNAN

Seorang teman bertanya pada saya, bagaimana solusinya bila kontraktor bangunan yang dia percaya untuk mengerjakan membangun rumahnya ternyata tidak bertanggung jawab, pergi begitu saja meninggalkan pekerjaannya, padahal uang yang dibayarkan sudah hampir 100 persen. Kehati-hatian dalam memilih kontraktor bangunan memang suatu keharusan, karena umumnya pembayaran biaya renovasi rumah maupun bangun rumah dilakukan per termin dikaitkan dengan progres atau prosentase pekerjaan yang akan dilakukan. Berikut ini kami sampaikan beberapa tips untuk memilih jasa kontraktor bangunan agar pengalaman yang menimpa teman saya tadi tidak menimpa anda.

1. Pilihlah kontraktor bangunan yang jelas alamat domisilinya.
Jangan sungkan untuk meminta tanda pengenalnya, bila dirasa perlu datangi kantor atau tempat tinggalnya.

2. Pengalaman kerja
 Sebagaimana pilot pesawat, jam terbang akan sangat menentukan keahlian yang bersangkutan dalam pekerjaannya. Bisa ditanyakan pula hasil pekerjaannya selama ini, kliennya, bila dirasa perlu silahkan hubungi salah satu kliennya dan tanyakan perihal kepribadian kontraktor yang bersangkutan.

3. Surat Perjanjian
Buatlah surat perjanjian kerja yang mengikat, berisi hak dan kewajiban owner selaku pemberi tugas dan kontraktor bangunan selaku penerima tugas. Termin pembayaran, spesifikasi material, target penyelesaian pekerjaan, jaminan dan lain-lain, bila dikemudian hari ternyata ada pihak yang tidak menepati kewajibannya surat perjanjian ini bisa dijadikan dasar untuk proses hukum bila dirasa perlu.

4. Saran
Minta saran atau referensi dari saudara, teman atau tetangga yang pernah membangun rumah atau renovasi rumah. Bila tidak ada silahkan cari minimal dua calon kontraktor bangunan lalu buat perbandingan mengenai pengalaman kerjanya, track recordnya.

5. Garansi
Silahkan ditanyakan atau masukkan dalam surat perjanjian perihal garansi atau jaminan kerusakan pada calon kontraktor bangunan yang akan diberi kepercayaan.

Sedikit tips yang kami tuliskan semoga menjadi solusi bagi anda yang sedang bingung memilih kontraktor untuk keperluan membangun atau renovasi rumah idaman anda.

No comments: