TIPS DAN TRIK MEMBUAT RUANGAN TERASA SEJUK

Akhir-akhir ini sering kita rasakan ruangan di rumah kita terasa panas, padahal di malam hari bila kita ke luar rumah udaranya tidak panas. AC atau pengatur suhu udara ruangan umumnya diambil sebagai solusi paling jitu untuk membuat ruangan terasa sejuk dan dingin, namun pernahkah anda mencoba alternatif lain yang lebih murah dan sehat ?

Selain disebabkan karena udara di luar yang memang sedang panas, naiknya suhu di dalam ruangan juga bisa disebabkan karena beberapa hal berikut :
1. Kurangnya lubang udara untuk ventilasi
Sirkulasi udara dari dan keluar ruangan bisa membuat suhu udara di dalam ruangan menjadi lebih sejuk, kurangnya lubang di dinding yang bisa dilalui udara untuk menyejukkan ruangan mengakibatkan suhu di ruangan rumah kita terasa panas. Tips ini yang mungkin bisa diaplikasikan saat kita akan mendesain rumah baru atau merenovasi rumah kita yang sudah ada.
2. Ukuran jendela
Selain lubang ventilasi, jumlah dan ukuran jendela, opening atau bukaan juga harus seimbang dengan ukuran ruangan, karena bisa mempengaruhi lancar tidaknya sirkulasi udara dalam ruangan. Selain sebagai tempat sirkulasi udara, semakin banyak atau luas bukaan ke dalam ruangan akan mengakibatkan semakin banyak pula cahaya matahari yang bisa masuk dalam ruangan, semakin sehat ruangan yang kita tempati.
3. Tinggi ruang
Elevasi atap atau langit-langit bisa mempengaruhi suhu dalam ruangan, semakin besar volume udara segar atau oksigen yang tertampung dalam ruangan, semakin sejuk pula suhu dalam ruangan rumah kita.

Demikian beberapa tips dari kami, adapun bila ingin mencegah agar serangga (nyamuk, lalat dll) tidak masuk ke dalam ruangan, lubang ventilasi atau jendela bisa dipasang insect screen atau kawat nyamuk.

Semoga bermanfaat

No comments: